Kamis, 24 April 2008

(6) REFORMASI PANDANGAN HIDUP

WAHYU PERTAMA ADALAH REFORMASI PANDANGAN HIDUP

Lima ayat surat Al-'Alaq sebagai wahyu yang pertama mengandung pendidikan dan perubahan pandangan hidup manusia bagi yang mau.Pada wahyu pertama ada 2 perintah IQRA', yang pertama berisi 2 ayat dan yang kedua 3 ayat.

Yang pertama :

Sudah menjadi kebiasaan manusia jika melihat sesuatu, maka si manusia itu bertindak sebagai subjek dan alam sebagai objek. Akibatnya kesimpulan yang dibuatpun bermacam-macam, maka pandangan manusia itu dianggap relatif, tergantung siapa yang bicara.
"Bacalah (Al-Qur'an) dengan perintah Tuhanmu yang telah mencipta segala". Ini adalah konsepsi Ilmu secara macro, dimana Allah belum menyebut objek ciptaan-Nya. Mampukah kita melihat semua yang terlihat maupun yang tidak terlihat sebagai ciptaan Allah dan bukan berdiri sendiri ? Subhaanallah! Semesta ini bergerak menurut Pencipta Yang Maha Agung.
"Dia Yang telah mencipta manusia dari segumpal darah"  Ini adalah pandangan secara micro, baik yang macro maupun yang micro semuanya adalah ciptaan Allah. Jadi Perintah membaca yang pertama adalah membaca (Al-Qur'an) tentang Pasti Alam, jangan bersudut Subjektif nanti kesimpulannya ngaur.

Yang kedua :

"Perintah membaca yang kedua adalah membaca terhadap Peradaban/Kebudayaan manusia, dimana hanya Peradaban/Kebudayaan yang diajarkan Allah sajalah yang memiliki nilai kemuliaan.
Dia Allah mengajarkan manusia dengan perantaraan qalam-Nya, dan segala sesuatu yang manusia ketahui adalah hasil ajaran Tuhan malalui akalnya".
Dari manakah datangnya pengertian itu? Seseorang dengan akalnya memperhatikan sesuatu, maka lama-kelamaan pengalaman mengajarkan kepadanya sesuatu, maka mereka mengatakan Pengalaman adalah Guru yang paling baik. Siapa yang menciptakan pengalaman manusia lewat akalnya? Disini Allah mereformasikan dalam diri Rasul-Nya dan kita umat manusia, bahwa pengalaman itu adalah pelajaran dan bukan guru, yang Mengajar manusia adalah Allah, Tuhan manusia, suka atau tidak sukanya manusia.

Kesimpulan :
Seharusnya kita mereformasi diri kita, agar selalu berpandangan dengan Ajaran Allah (Al-Qur'an) baik terhadap pasti alam maupun budaya manusia.
5 Ayat surat Al-'Alaq adalah konsep reformasi diri manusia dari gelap menuju terang.

Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan,
Wassalam,
Hamdjah


Tidak ada komentar: